Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Upacara Kremasi Umat Hindu Patut Dilestarikan

  • Oleh Budi Yulianto
  • 17 Mei 2017 - 23:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Kremasi atau upacara kematian dari jenazah menjadi abu jenazah yang dilaksanakan umat Hindu patut dilestarikan. Demikian pendapat yang disampaikan Wakil Suka Duka Umat Hindu Palangka Raya, Mujiono, Rabu (17/5/2017).

'Menurut saya, hal seperti ini (kremasi) patut dilestarikan. Apalagi di zaman sekarang, kebutuhan tanah untuk pemakaman sudah berkurang. Kalau di Kalimantan saya yakin masih luas. Namun kalau di Jawa atau kota-kota besar, itu sudah sulit,' kata Mujiono.

'Sedangkan dikremasi, cukup satu jengkal saja sudah bisa. Jadi secara tempat, di zaman modern seperti sekarang ini, penduduk sudah padat, sangat praktis sekali jika orang yang meninggal dunia itu diperabukan,' imbuhnya.

Mujiono menuturkan, sejauh ini perhatian pemerintah terhadap umat Hindu di Palangka Raya, khsususnya dalam upacara kematian cukup baik. Hanya, ada beberapa hal yang masih mereka butuhkan dari pemerintah.

'Seperti tempat kremasi ini sudah ada, tapi belum sempurna. Atapnya belum ada. Kompornya juga diharapkan bisa lebih baik. Kemudian tempat penghanyutan juga belum ada, termasuk tempat krematorium atau semacam lemari agar tidak kelihatan bebas juga belum ada,' tutur Mujiono. (BUDI YULIANTO/B-3)

Berita Terbaru