Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Minat Warga Katingan Mencalonkan Diri Jadi Kepala Desa Tinggi

  • Oleh Abdul Gofur
  • 13 Juli 2017 - 16:16 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Minat warga Kabupaten Katingan untuk mencalon pada pemilihan kepala desa (Pilkades) sejak beberapa tahun terakhir ini dinilai cukup tinggi.

Tingginya minat warga mencalon diri di pilkades itu dilatarbelakangi oleh dana yang masuk ke desa cukup banyak misalnya dana desa (DD) yang bersumber dari dana APBN pusat, dan alokasi dana desa (ADD) bersumber dari APBD. Selain itu, gaji atau honor kepala desa juga lumayan tinggi sekitar Rp4 juta.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Katingan, Kabul Mustiman mengakui, minat warga Katingan sejak tiga tahun terakhir tinggi untuk berpartisipasi dalam pemilihan kepala desa itu. "Misalnya pilkades secara serentak tahun 2016 kemarin, saat proses pendaftaran ada beberapa desa calonnya lebih dari lima orang," kata Kabul Mustiman.

Meski begitu, lanjut Kabul Mustiman, pada pilkades serentak tahun 2017 ini pihaknya tetap mengacu pada peraturan perundang-undangan yang berlaku, yaitu paling banyak calon hanya lima orang. Kabul juga mengungkapkan, partisipasi pemilih di pilkades 2016 lalu dinilai cukup tinggi yaitu mencapai 85%.(ABDUL GOFUR/B-2)

Berita Terbaru