Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Eagle High Plantations Siap Tambah 8 Pabrik Sawit Baru

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 17 Juli 2017 - 15:26 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - PT Eagle High Plantations Tbk (BWPT) akan menambah 7 hingga 8 pabrik kelapa sawit (PKS) baru untuk mengantisipasi periode prima seluruh tanaman sawit perseroan yang mencapai luas 150.000 hektare.

"Dari 150.000 hektare areal kebun sawit perseroan, 50% berumur 4 tahun hingga 5 tahun, atau masih berusia muda. Dalam 5 tahun sampai 6 tahun ke depan, seluruh tanaman sawit akan masuk usia prima dengan tingkat produktivitas tertinggi," kata Direktur Keuangan Eagle High Plantations, Henderi Djunaidi, di Jakarta, Senin (17/7/2017).

Untuk mengantisipasi itu, kata Henderi, dalam 3 tahun hingga 5 tahun ke depan, perseroan akan lebih agresif dengan menambah 7 hingga 8 pabrik baru.

Menurut Henderi, satu PKS dengan kapasitas 45 ton hingga 60 ton tandan buah segar (TBS) per jam membutuhkan investasi sekitar Rp150 miliar sampai dengan Rp160 miliar.

"Dengan estimasi tersebut, total kebutuhan dana untuk membangun hingga delapan PKS baru mencapai hingga Rp1,2 triliun. Perseroan baru saja merampungkan pembangunan PKS di Kalimantan Barat dan dalam proses membangun satu unit PKS baru di Papua," papar dia.

PKS itu dirancang dengan kapasitas 45 ton TBS per jam dan dapat diperluas menjadi 90 ton TBS per jam. Pabrik tersebut menyerap investasi hingga Rp160 miliar dan diharapkan rampung pada semester I tahun depan.

"Selain untuk bangun PKS, belanja modal kami untuk membangun dan memelihara infrastruktur dan prasarana, seperti perumahan karyawan, tangki penyimpanan dan pelabuhan, selaras dengan kebutuhan," ujar Henderi.

Berita Terbaru