Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tahun Ini, RSUD Kapuas Mendapatkan Incinerator Baru

  • 12 Januari 2018 - 19:12 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas- RSUD dr H Soemarno Sostroatmojo Kapuas bakal mendapatkan mesin icienerator baru. Hal ini patut disyukuri, pasalnya mesin yang lama saat ini sering mengalami kerusakan.

Direktur RSUD dr H Soemarno Sostroatmojo Kapuas, dr Agus Waluyo menyebutkan, mesin incinerator yang dimiliki rumah sakit, sekarang usianya lebih dari belasan tahun. Sehingga sering mengalami kerusakan. Untuk peremajaan mesin, pada pertengahan tahun 2017 kemarin, pihak rumah sakit sudah mengajukan permohonan untuk pengadaan mesin incinerator yang baru.

"Kami sudah mengajukan permohonan ke Pemkab Kapuas untuk pengadaan mesin incinerator yang baru," terang Dirut RSUD Kapuas dr Agus di ruang kerjanya Jumat(12/1/2018).

Menurut dr Agus, akibat sering rusaknya mesin incinerator, sampah rumah sakit tak bisa dibakar. Kondisi ini menyebabkan pembakaran limbah medis harus diatur jadwalnya. Apalagi saat mesin rusak, spare part-nya tidak tersedia di Kalteng.

"Selama ini terjadinya kerusakan pada incinerator selalu diperbaiki. Tetapi kesulitannya pada spare part yang harus memesan ke Jakarta," jelas dr Agus.

Ia menjelaskan setiap hari rumah sakit menghasilkan sampah medis. Baik sampah kering maupun basah. Namun untuk sampah kering harus dibakar, sedangkan sampah basah harus dibuang ke TPS. "Sedang sampah medis jenis jarum suntik dan jarum infus harus diblender, dengan tujuan untuk menghindari penggunaan ulang," kata dia. (DJIMMY NAPOLEON/B-8)

Berita Terbaru