Anak Owa-Owa Ditemukan Kelaparan dan Kedinginan

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 09 Januari 2020 - 11:56 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Seekor satwa dilindungi jenis Owa-owa ditemukan warga Perumahan Metro TV, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) dalam keadaan kelaparan dan kedinginan. 

Warga yang menemukan anak Owa-owa tersebut yakni Ahmad SR di samping bengkel tempatnya bekerja.

"Saat ditemukan, anak Owa-owa berjenis kelamin betina itu dalam keadaan kelaparan dan kedinginan. Beruntung saat itu, warga berani dan langsung memberikan susu serta pisang," ujar Komandan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit, Muriansyah, Kamis, 9 Januari 2020. 

Hewan tersebut ditemukan pada Selasa, 7 Januari 2020 malam. Namun baru diserahkan pada Rabu, 8 Januari 2020, sekitar pukul 21.30 WIB kepada BKSDA Pos Jaga Sampit. 

Penyerahan tersebut dilakukan setelah pihak BKSDA nenerima laporan dari warga bernama Siti. Saat itu, dirinya meminta agar petugas segera mengevakuasi hewan dilindungi itu, karena di rumahnya tidak ada kandang. 

Petugas langsung berangkat untuk melakukan evakuasi. Sesampianya, kondisi Owa-owa dalam keadaan sehat. "Saat ini Owa-owa masih diamankan di Pos BKSDA Sampit, sambil menunggu arahan selanjutnya dari pimpinan," tutur Muriansyah. (MUHAMMAD HAMIM/B-7)

Berita Terbaru