Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Sulawesi Utara Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Cempaga Hulu Temukan Primata Pemalu Melintas di Jalan Raya

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 11 September 2021 - 16:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Herbovo, warga Desa Bukit Batu, Kecamatan Cempaga Hulu, menemukan seekor kukang. Kukang tersebut ditemukannya saat melewati jalan raya menuju perkantoran salah satu perusahaan tambang bauksit, saat malam hari, Jumat, 10 September 2021.

"Dikhawatirkan tertabrak kendaraan dan ditangkap oleh orang yg tidak bertanggung jawab, kukang tersebut akhirnya ditangkap dan dibawa ke rumah pelapor dan dirawat," jelas Komandan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit, Muriansyah, Sabtu, 11 September 2021. 

Setelah mencari informasi dari internet pelapor pun melaporkan ke Yayasan Kalaweit. Kemudian yayasan tersebut meneruskan ke BKSDA Seksi Konservasi Wilayah (SKW) 1, selanjutnya dilaporkan ke BKSDA Seksi Konservasi Wilayah II, barulah ke BKSDA Pos Jaga Sampit. 

"Karena masuk wilayah BKSDA SKW II maka laporan tersebut diteruskan ke Pos Jaga Sampit," jelas Muriansyah. 

BKSDA Pos Jaga Sampit pun menjemput primata yang terkenal pemalu tersebut ke lokasi pelapor. BKSDA memastikan kondisi satwa yang dilindungi undang-undang itu dalam kondisi baik dan dirawat sementara waktu boleh BKSDA Pos Jaga Sampit.

BKSDA mengapresiasi kesadaran warga dalam melindungi satwa yang dilindungi sangat tinggi. Ini terbukti dengan banyak laporan dan penyerahan satwa dilindungi ke BKSDA untuk selanjutnya diamankan dan dikembalikan ke habitat aslinya. (USAY NOR RAHMAD/B-11)

Berita Terbaru