Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Konawe Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jumlah Personel Satpol PP Kotim Belum Ideal

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 21 Oktober 2021 - 09:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit – Jumlah personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kotawaringin Timur masih jauh dari kata ideal. Dibutuhkan sekitar 250 personel lagi agar satuan penegak peraturan daerah dapat berfungsi maksimal. 

Kepala Satpol PP Kotim, Marjuki menjelaskan saat ini satuannya memiliki 140 personel. Jumlah ini masih sangat kurang jika mengukur dari luas wilayah dan kepadatan penduduk dan setidaknya Satpol PP memiliki 350 personel. 

"Jadi selisih yang ada saat ini masih sangat jauh dengan jumlah idealnya. Ketika penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 kami mendapat kuota 15 orang. Harapannya pada 2022 bisa lebih banyak lagi,” katanya, Rabu 20 Oktober 2021.

Diakuinya, saat ini tugas Satpol PP lebih banyak pada tahap pengawalan, penjagaan objek vital pemerintah dan semacamnya. Marjuki menginginkan Satpol PP benar-benar bisa menjalankan fungsinya sebagai penegak peraturan. 

Sebab itu Satpol PP perlu penambahan personel baru. Kendati demikian ia menyadari untuk penambahan personel ini tidak bisa sekaligus dipenuhi. Apalagi jika melalui jalur CPNS, perlu pengajuan dan persetujuan dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) maupun pihak lainnya. 

"Saya berharap kebutuhan personel Satpol PP ini dapat terpenuhi secara bertahap," katanya. 

Sebagai upaya memaksimalkan tugas Satpol PP saat ini, pihaknya juga telah menyusun rancangan Perda yang belum lama ini telah disepakati bersama Badan Pembentukan Peraturan Daerah (BapemPerda) DPRD Kotim. 

Perda Ketertiban Umum dan Ketenteraman Masyarakat yamg dapat menjadi payung hukum dan landasan pihaknya dalam melaksanakan penertiban di lapangan. (USAY NOR RAHMAD/B-6)

Berita Terbaru