Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Way Kanan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dukung Digitalisasi Ekonomi, Mukhtarudin Minta Pemerintah Percepat Program Palapa Ring di Indonesia

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 22 November 2021 - 14:51 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin meminta pemerintah untuk mempercepat program Palapa Ring di Indonesia, mengingat perkembangan global saat ini telah mendorong ekonomi digital sebagai kekuatan ekonomi baru.

"Menurur saya, pemerintah harus perlu meningkatan Palapa Ring sebagai dukungan digitalisasi ekonomi kita, sebab program ini penting, guna untuk memperluas jangkauan akses internet untuk seluruh masyarakat," katanya, Senin 22 November 2021.

Diektahui, Palapa Ring adalah proyek jaringan data yang dibangun pemerintah dan swasta untuk menciptakan tol informasi internet cepat yang merata di seluruh NKRI. Palapa Ring secara bertahap akan meratakan kecepatan internet di seluruh indonesia dengan disparitas harga yang semakin kecil antara wilayah di Jawa dengan di luar Pulau Jawa.

Untuk itu politisi Golkar Dapil Kalimantan Tengah ini mendorong pembangunan jaringan 4G di desa seluruh indonesia, yang selama ini belum mendapat akses internet secara merata.

Menurut Mukhtarudin, pembangunan proyek infrastruktur jaringan tekekomunikasi di desa-desa penting dan merupakan keharusan yang tidak bisa ditawar. Sebab, jaringan internet ini juga nantinya akan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Mengingat saat ini hampir semua layanan dan informasi berbasis digital.

Dia mengungkapkan masih banyak wilayah yang belum terjangkau internet. Meskipun terjangkau namun sinyalnya kurang baik atau lemot. Tentu, program baik ini harus ditingkatkan dan diperluas jangkauanya.

"Kami berharap semua wilayah tersambung dengan  jaringan internet yang baik, sehingga seluruh layanan masyarakat dapat terkoneksi dengan kecepatan internet yang tinggi, sehingga secara tidak langsung hal tersebut akan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat," pungkasnya. (DANANG/B-6)

Berita Terbaru