Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Kalimantan Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anak-anak Putus Sekolah di Kalteng Harus Menjadi Pehatian Serius Pemda

  • Oleh Donny Damara
  • 09 Juni 2023 - 17:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Muhajirin mengatakan anak-anak putus sekolah yang ada di wilayah Kalteng ini harus menjadi perhatian serius pemda baik provinsi, kabupaten dan kota.

Menurutnya, apabila tidak diperhatikan secara serius dikhawatirkan persoalan ini dapat memacu peningkatan pengangguran dan kemiskinan kedepannya. Sehingga, sangat diharapkan adanya solusi tepat untuk mengurai masalah tersebut.

"Ada banyak anak-anak putus sekolah di wilayah Kalteng ini, misalnya saja seperti di Kecamatan Kapuas Barat, Kabupaten Kapuas. Padahal untuk mendapatkan pendidikan itu merupakan hak setiap anak bangsa," ucapnya, Jumat, 9 Juni 2023.

Setiap orang tua pastinya tidak menginginkan anak-anaknya sampai putus sekolah, tapi berbagai keterbatasan memaksa keadaan tersebut misalnya saja seperti perekonomian, sehingga tidak bisa melanjutkan pendidikan anak-anaknya.

Oleh karena itu, solusi maupun program dari pemerintah dalam upaya memperhatikan hal tersebut sangat diperlukan. Misalnya saja memberikan beasiswa bagi anak-anak tidak mampu serta melaksanakan berbagai pelatihan kewirausahaan.

"Bagi anak-anak yang masih usia sekolah tapi tidak bisa melanjutkan pendidikan itu bisa diberikan beasiswa, dan bagi mereka yang sudah terlanjur tidak lagi usia sekolah bisa diberikan pelatihan agar nantinya dapat mengembangkan usaha mandiri," ujarnya.

Dia berharap terkait persoalan tersebut pemerintah jangan sampai abai. Sebab tumpuan dalam membangun daerah ini selanjutnya kedepan yakni para generasi muda.

Maka dari itu program tepat untuk memperhatikan anak-anak putus sekolah perlu menjadi salah satu fokus perhatian. (DONNY D/R)


TAGS:

Berita Terbaru