Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Karo Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Makna Gerhana Bulan bagi Suku Dayak Ma\'anyan

  • Oleh Uriutu
  • 28 Juli 2018 - 21:00 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Konon menurut kepercayaan Suku Dayak Ma'anyan gerhana bulan memiliki makna atau arti atau pertanda baik dan buruk bagi kehidupan umat manusia.

Sesepuh Suku Dayak Ma’anyan Siter Ate (86 tahun), warga kilometer 20 Desa Bundar Kecamatan Dusun Utara mengatakan, berdasarkan kepercayaan dari nenek moyang, gerhana bulan memiliki pertanda baik dan buruk dalam kehidupan manusia.

Ia menceritakan, dalam gerhana bulan apabila bulan ditutupi atau mulai tertutup dari bawah ke atas, itu pertanda tidak baik. Maka akan banyak manusia yang akan menderita berbagai macam penyakit serta sawah, ladang dan kebun bisa gagal panen.

Sebaliknya, jikalau bulan ditutupi mulai dari atas menuju ke bawah, itu juga pertanda sangat tidak baik. Karena manusia akan saling ribut baik itu perang, berebut kekuasaan dan lain sebagainya.

Akan tetapi, lanjut dia, jika bulan ditutupi gerhana baik dari kiri maupun dari kanan, maka itu merupakan pertanda bahwa dunia akan aman, adil, makmur dan sentosa.

“Karena gerhana bulan tadi malam, bulan ditutupi dari atas menuju kebawah maka ini menjadi pertanda tidak baik bagi kehidupan umat manusia,” ucap dia. (URIUTU DJAPER/B-2)

Berita Terbaru