Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

16 Orang Berebut Menjadi Kepala Desa Ini

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 04 Oktober 2018 - 19:42 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Jumlah calon kepala desa maksimal dan minimal memang sudah diatur. Terkait itu, ada satu desa di Kotim jumlah peminat menjadi kades membludak. Yakni Desa Kandan, Kecamatan Kota Besi. Jumlah calon yang sudah terdaftar mencapai 16 orang. 

"Di Desa Kandan ada 16 orang yang mendaftar. Ini merupakan yang terbanyak (pendaftar) di antara 48 desa yang melaksanakan pilkades," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kotim, Hawianan, Kamis (4/10/2018). 

Sesuai aturan, jumlah peserta pilkades maksimal lima calon dan tiga calon. Dan jika lebih dari itu, akan dilakukan seleksi sebanyak dua tahapan.

Pertama yakni, seleksi pengalaman dari ijazah pendidikan terakhir peserta maupun surat pengalaman kerja. Jika dalam seleksi itu peserta yang lolos lebih dari lima orang, maka akan dilakukan seleksi tertulis.

Seleksi tertulis akan difasilitasi Panitia Pilkades Kabupaten Kotim, yakni dengan memberikan soal tertulis sesuai kurikulum berlatar belakang pendidikan Sekolah Mengah Pertama (SMP). 

"Dari situ, akan ada calon kepala desa dengan jumlah maksimal lima orang," kata Hawianan. 

Adapun 16 peminat mencalon Kades Kandan tersebut yakni,  Agus Prawito, Juliansyah, Dede Santoso, Mira Endriyana, Esra Delino, Bahrun, Ernie, Edy Tajudin, Yopita Aknesia, Robis Sitompol, Yulianson, Adut, Rates P R Bidi, Jimmi Karter, Iswadi, dan Dedi Rahmannor. 

Sementara, Pilkades Serentak tahun 2018 di 48 desa Kabupaten Kotim, akan dilaksanakan pada 15 Desember. (MUHAMMAD HAMIM/B-11) 

Berita Terbaru