Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Promotif dan Preventif Efektif Cegah Peningkatan Angka Kematian

  • Oleh Ramadani
  • 22 Oktober 2018 - 21:10 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Barito Utara, H Jainal Abidin mengatakan kegiatan promotif dan preventif merupakan upaya yang sangat efektif untuk mencegah meningkatnya angka kematian dan kesakitan. 

Mengingat pencegahan penyakit akan sangat tergantung pada perilaku individu yang didukung oleh kualltas lingkungan, ketersediaan sarana dan prasarana serta dukungan regulasi untuk hidup sehat. Sehingga diperlukan keterlibatan aktif seluruh komponen baik pemerintah pusat dan daerah, sektor non pemerintah dan masyarakat.

Saat ini, kata Jainal,  Indonesia tengah menghadapi tantangan serius berupa beban ganda penyakit. Perubahan gaya hidup masyarakat ditenggarai menjadi salah satu penyebab terjadinya pergeseran pola penyakit (transisi epidemiologi) dalam 3O tahun terakhir. 

“Pada era 1990-an, penyebab kematian dan kesakitan terbesar adalah penyakit menular seperti Infeksi Saluran Pemapasan Atas (ISPA), tuberkulosis (TBC), dan Diare,” katanya, Senin (22/10/2018) ketika memberikan sambutan pada pertemuan implementasi kebijakan lintas sektor terkait Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) tingkat Kabupaten Barito Utara, di aula Bappeda Litbang, Senin (22/10/2018).

Ia menjelaskan, meningkatnya kasus penyakit tidak menular (PTM) akan menambah beban pemerintah dan masyarakat karena penanganannya membutuhkan biaya yang besar dan memerlukan teknologi tinggi. Biaya untuk pengobatan PTM yang sangat besar dapat menyebabkan kemiskinan (pengeluaran katastropik).

Selain itu, kecacatan dan kematian yang disebabkan oleh kasus P’TM juga menyebabkan hilangnya potensi/modal sumber daya manusia dan menurunnya produktivitas yang pada akhimya akan mempengaruhi pembangunan sosial ekonomi. (RAMADHANI/B-2)

Berita Terbaru