Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bakal Calon Pilkades 48 Desa di Kotim Sudah Diseleksi

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 16 November 2018 - 16:06 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Bakal calon (balon) untuk Pilkades Serentak 2018 di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) sudah diseleksi Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMDes). Dari situ, ada desa yang memiliki bakal calon mencapai 16 orang. 

"Untuk seleksi balok sudah kami lakukan. Ada pengurangan dan penambahan," kata Kepala DPMDes Kotim, Hawianan, Senin (16/11/2018). 

Tahun ini, ada 48 desa yang melaksanakan pilkades. Panitia menyeleksi kades agar jumlahnya sesuai aturan yang ditetapkan.

"Sesuai aturan daerah, setiap desa wajib diikuti maksimal lima calon, dan minimal tiga calon," kata Hawianan. 

Seleksi yang dilakukan ada dua tahapan. Seleksi pertama yakni, seleksi pengalaman yang dapat dilihat dari ijazah pendidikan terakhir peserta maupun surat pengalaman kerja. 

Jika dalam seleksi itu peserta yang lolos lebih dari lima orang, maka akan dilakukan seleksi tertulis. Itu akan difasilitasi Panitia Pilkades Kabupaten Kotim, yakni dengan memberikan soal tertulis sesuai kurikulum berlatar belakang pendidikan Sekolah Mengah Pertama (SMP).

"Semua sudah dilakukan, dan saat ini tidak ada desa yang calonnya kurang atau lebih dari batas yang ditentukan," kata Hawianan. (MUHAMMAD HAMIM/B-11) 

Berita Terbaru