Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekolah Adat Neya Diresmikan Bersamaan dengan Mehampar Wadai 3

  • Oleh Wahyu Krida
  • 24 November 2018 - 18:48 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Selain Festival Mehampar Wadai 3 yang digelar di Jalan PRA Kusumayudha Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat, Sabtu (24/11/2018), dilakukan peresmian Sekolah Adat Neya.

Ketua Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Kobar Mardani di sela kegiatan mehampar wadai tersebut mengatakan bahwa sekolah adat ini bukanlah sekolah formal seperti yang kita kenal.

"Namun sekolah ini bertujuan memperkenalkan adat istiadat lokal bagi generasi muda. Tujuannya agar adat istiadat warisan nenek moyang kita tidak hilang tergerus budaya lain yang berasal dari luar," jelas Mardani.

Menurutnya, sekolah tersebut terbuka bagi siapa saja yang berkeinginan mempelajari berbagai budaya dan adat masyarakat lokal Kabupaten Kobar.

"Bagi yang beminat, silakan datang ke sekretariat AMAN Kabupaten Kobar yang berlokasi di Jalan Malijo. Berbagai macam pengetahuan akan dibagikan pada generasi muda yang berminat untuk mengenal dan memelajari adat istiadat kita. Di antaranya cara memasak makanan tradisional, tarian, upacara adat dan lain-lain," ujar Mardani.

Ia menjelaskan, sekolah adat serupa rencananya juga bakal dibangun di berbagai kecamatan yang ada di Kabupaten Kobar.

"Nantinya bakal dibangun sekolah adat di Kecamatan Arut Utara. Di tempat tersebut, pengetahuan mengenai adat istiadat lokal tentunya akan dibagikan pada peminatnya dengan tujuan sama yaitu melestarikan adat istiadat serta budaya lokal," jelas Mardani. (WAHYU KRIDA/B-2)

Berita Terbaru