Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Komoditas Coklat Jadi Salah Satu Andalan Kalimantan Tengah

  • 20 Mei 2019 - 19:52 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Banyak capaian kerja yang diperoleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) dalam 3 tahun masa kepemimpinan Gubernur Sugianto Sabran dan Wakil Gubernur Habib H. Said Ismail. Salah satu pencapaian tersebut adalah meningkatnya komoditi coklat. 

Dalam fokus group discussion (FGD) publikasi media yang digelar di Bapedalitbang Provinsi Kalimantan Tengah, Senin, 20 Mei 2019, Kepala Dinas Perkebunan, Rawing Rambang mengatakan, dalam tiga tahun ini, perkebunan coklat telah mengalami penambahan dalam sektor lahan.

Penambahan luas lahan baik perkebunan coklat dilakukan karena pertumbuhan sejumlah komuditi seperti karet banyak mengalami penurunan jumlah permintaan di pasaran.

"Dalam tiga tahun terakhir ini perkebunan karet cenderung turun. Karena hal itu gubernur juga memfokuskan pada coklat dengan penambahan lahan lahan luas lahan perkebunan. Untuk coklat ada 930 hektare lahan di daerah Barito," ujarnya.

Selain itu juga alasan lain diliriknya komuditi coklat oleh pasar internasional terkhususnya eropa, membuat coklat membawa pengaruh dalam pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Tengah.

Pemerintah pusat mulai melirik coklat di Kalteng. Selain itu juga coklat Kalteng ini juga mulai dilirik oleh pasar internasional, dalam hal ini pasar Eropa," tutupnya. (AGUS PRIYONO/B-6/Adv)

Catatan Redaksi:

Liputan khusus terkait tiga tahun kepemimpinan Gubernur/Wakil Gubernur Sugianto Sabran dan Habib H. Said Ismail ini bisa dibaca pada edisi khusus Skh. Plalangka Post edisi  23 Mei 2019.

Berita Terbaru