Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Honor Ketua RT Belum Dibayar 5 Bulan

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 22 Mei 2019 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Honor atau insentif ketua RT belum dibayar selama 5 bulan, sejak Januari hingga Mei 2019.

"Sudah 5 bulan ini belum ada pembayaran honor. Para RT yang lainnya pada nanya ke saya, sampai saat ini belum ada pembayaran," ujar Yusransah, Ketua RT 18 Kelurahan Mendawai, Kecamatan Arut Selatan. Kabupaten Kotawaringin Barat saat ditemui Borneonews di rumahnya, Rabu, 22 Mei 2019.

Dia menuturkan, baru pada 2019 ini ada keterlambatan pembayaran. Pada 2018, pembayaran honor Ketua RT lancar setiap tiga bulan sekali selalu ditransfer oleh pemerintah daerah. Adapun besarannya per bulan itu Rp 250 ribu dan dibayarkan setiap 3 bulan sekali sebesar Rp 750 ribu. 

"Dulu lancar setiap 3 bulan sekali, bahkan rekan - rekan itu sampai mendatangi Bank Kalteng menanyakan honornya dan ternyata belum ada pencairan dari pihak pemkab," tambahnya.

Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan lurah. Namun masih menunggu rekomendasi dari kecamatan. "Saya sudah nanya ke lurah, masa iya sudah hampir satu bulan digodok di kecamatan nggak selesai - selesai," ungkapnya.

Insntif yang diterima oleh RT di Kobar termasuk yang paling kecil ketimbang daerah lain, seperti Lamandau dan Sukamara. "Di sana honor RT sampai Rp 500 ribu, bahkan Rp 700 ribu per bulannya. Semoga ini segera cair," pungkasnya. (DANANG/B-2)

Berita Terbaru