Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala Bappenas Beri Empat Wasiat untuk Penggantinya

  • Oleh Tempo.co
  • 19 Oktober 2019 - 12:52 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional atau Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional alias Bappenas, Bambang Brodjonegoro punya 4 pesan kepada siapa pun yang bakal menduduki posisinya itu di Kabinet Kerja Jilid II.

Dia mengatakan penggantinya nanti tidak boleh lelah untuk mengkampanyekan pembiayaan program non Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Pertama, terus kampanye tidak boleh lelah kampanye, harus sabar dan telaten membujuk kementerian atau lembaga agar tidak tergantung kepada APBN," ujar Bambang di kantornya, Jumat malam 20 Oktober 2019.

Dia mengatakan Kepala Bappenas penggantinya mesti bisa membujuk mitra-mitranya untuk melihat sumber pembiayaan lain. Dan sumber pembiayaan itu pun, menurut Bambang, tidak boleh mengandalkan utang.

Sehingga dia berharap nanti pemerintah bisa berperan untuk mengurangi beban utang. Selama masa jabatannya, Bambang memang getol berbicara soal pembiayaan non APBN.

Misalnya, melalui skema Kerjasama Pemerintah - Badan Usaha maupun investasi swasta murni.

Selain itu di eranya terbentuk unit Pembiayaan Investasi Non Anggaran atau PINA guna mengubah paradigma pembiayaan.

Kedua, Bambang berpesan kepada penerusnya agar memperbaiki instrumen dalam mengurangi kemiskinan dan ketimpangan. Selama ini pemerintah lebih banyak mengambil langkah subsidi harga.

Padahal kebijakan itu tidak efektif dalam mengurangi kemiskinan dan ketimpangan. "Subsidi harga itu cenderung menghabiskan anggaran dan tidak tepat sasaran," ujar Bambang.

Karena itu, ia berharap pemerintah ke depannya bisa memilih kebijakan bantuan sosial yang lebih tepat sasaran.

Berita Terbaru