Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Notulite, Aplikasi Lokal Pengubah Suara Jadi Teks

  • Oleh Inilah.com
  • 30 Oktober 2019 - 12:36 WIB

INILAHCOM, Jakarta - PT Bahasa Kita baru saja memperkenalkan market teknologi pengenal wicara otomatis dengan meluncurkan produk inovatif Notulite.

Sebuah inovasi baru bagaimana voice atau suara diubah dalam waktu cepat dan tepat kebentuk teks dengan akurasi sangat tinggi.

Notulite hadir memenuhi kebutuhan pasar atas sistem transkripsi otomatis bahasa Indonesia yang cepat, akurat, dan ekonomis. Notulite memiliki empat fitur utama.

Pertama, diarisasi pembicara; dengan fitur ini Notulite dapat mengenali karakteristik suara pembicara sehingga secara otomatis dapat membedakan siapa berbicara apa dalam wawancara, rapat, diskusi, maupun sidang. Kedua, fitur multi audio.

Fitur ini memberikan kebebasan dalam mengoperasikan Notulite. Suara dapat berasal dari mikrofon secara langsung maupun rekaman suara dengan cara mengunggahnya.

Ketiga fitur penyuntingan semasa transkripsi. Dan keempat adalah fitur pemformatan teks; fitur ini bekerja menyesuaikan format penulisan agar baku sesuai ejaan yang disempurnakan dan mudah dibaca.

PT Bahasa Kita yang berdiri sejak 2015 terus berkomitmen untuk berkontribusi dalam pengembangan dan penguasaan teknologi informasi dan komunikasi khususnya pemrosesan suara dan bahasa Indonesia.

Notulite diharapkan mendorong penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam pidato, rapat, wawancara, diskusi, perkuliahan, sidang maupun forum-forum resmi lainnya. Dan ini sejalan dengan Peraturan Presiden No 63 tahun 2019 tentang Penggunaan Bahasa Indonesia.

Dalam perjalanannya PT Bahasa Kita telah banyak mendapatkan penghargaan baik dari pemerintah maupun swasta, di antaranya terseleksi sebagai AI startup dalam bidang teknologi pengenal wicara otomatis dan pemrosesan bahasa alami, Digitaraya Google Launchpad, 2019.

Juga Juara 2 Transhub Challenge, Kementerian Perhubungan, 2018. Juara 1 XL Business Solution IoT Hackaton, XL Axiata, 2018. Finalis BCA Financial Hacking, 2017.

Berita Terbaru