Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Antisipasi Pasien Corona Virus, Dinas Kesehatan Kobar Lakukan Ini

  • Oleh Wahyu Krida
  • 25 Januari 2020 - 17:50 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Sebagai antisipasi situasi darurat, adanya pasien yang diduga terkena Corona Virus, Dinas Kesehatan Kobar dengan instansi kesehatan terkait yaitu RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun, sudah menyiapkan ruangan khusus untuk penanganan pasien yang mengidap virus mematikan tersebut.

Kadinkes Kobar Achmad Rois, Sabtu, 25 Januari 2020 menjelaskan, selain itu pihaknya juga sudah betkoordinasi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan yang merupakan pintu masuk dan keluar warga dari Kabupaten Kobar.

"Jadi bila petugas kesehatan di pintu masuk dan keluar warga dari Kabupaten Kobar menemukan ada orang dengan tanda-tanda yang mirip dengan pengidap corona virus, maka orang tersebut akan diamankan sebagai tindakan pertolongan serta pencegahan penularan," jelas Rois

Selain di RSUD, lanjut Rois, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan puskesmas untuk menyiapkan ruangan penanganan  khusus bagi pasien yang memimiliki tanda-tanda mirip  corona virus.

"Intinya dalam penanganan masalah corona virus, kita saling bekerjasama dan berkomunikasi antar instansi. Bila ditemukan adanya pengidap virus tersebut, kita juga akan memberikan laporan kepada Kementerian Kesehatan  serta Dinkes Provinsi terkait penanganan lebih lanjut," jelas Rois.

Terpisah, Direktur RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun dr. Fachruddin menjelaskan selain menyiapkan ruangan penanganan khusus, pihaknya juga telah menyiapkan peralatan pendukung sebagai antisipasi adanya pasien yang diduga mengidap virus mematikan itu.

"Petugas medis yang dilengkapi dengan alat pelindung diri, ventilator, oksigen sentral serta obat obatan sudah siap. Namun kita berharap agat tidak ada satupun warga Kobar atau masyarakat dari daerah lain yang datang ke Kobar mengidap penyakit yang disebabkan oleh Corona virus," jelas Fachruddin. (WAHYU KRIDA/B-5)

Berita Terbaru