Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotawaringin Timur Berupaya Tingkatkan Kualitas BerasLokal

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 30 Januari 2020 - 09:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), terus berupaya meningkatkan kualitas produk beras lokal petani daerah ini.

"Itu sebagai salah satu upaya untuk kesehatan masyarakat dengan mengonsumsi beras berkualitas," kata Kepala Dinas Pertanian Kotim, I Made Dikantara, Kamis, 30 Januari 2020. 

Dia menerangkan, pada 2019 lalu petani Kotim berhasil meraih swasembada beras, bahkan surplus. Kala itu, kebutuhan beras daerah ini yakni 54 ribu ton, dan hasil panel melebihi itu.

Adapun upaya untuk meningkatkan kualitas tersebut, salah satunya dengan menanam padi organik. Dengan tujuan, agar hasil produksi beras lebih sehat. 

"Saat ini kami juga mengembangkan padi organik, dan hal itu dilakukan sebagai upaya untuk memerbaiki kualitas beras," kata Made. 

Dinas Pertanian juga telah berupaya untuk mengembangkan padi yang bisa dilakukan 3 kali panen dalam setahun. Namun hingga saat ini baru di Kecamatan Kota Besi saja yang bisa.

"3 kali panen dalam setahun juga terus kami kembangkan, dan mudah-mudahan makin banyak petani yang bisa melaksanakan itu," harap Made. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru