Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pasar Sembako Murah untuk Kecamatan Bulik dan Sematu Jaya Akan Digelar Pekan Ini

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 27 April 2020 - 18:45 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Setelah Kecamatan Menthobi Raya dan Kecamatan Delang di pekan lalu, Pemkab Lamandau berencana membuka pasar sembako murah di Kecamatan Bulik dan Sematu Jaya, dalam pekan ini.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Koprasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lamandau, Penyang Lanen saat dikonfirmasi, Senin 27 April 2020.

Menurut dia, pasar sembako murah ini merupakan program baru. Pasalnya, sembako murah ini untuk masyarakat terdampak Covid-19. Selain itu, sistem pengadaan barangnya pun berbeda. Karena, menunjuk UMKM lokal yang disesuaikan dengan lokasi digelarnya pasar murah tersebut. 

"Sembako murah ini merupakan program yang bertujuan membatu masyarakat terdampak covid-19 sekaligus sebagai upaya menjaga stabilitas pasar. Pemkab telah menyiapkan 30.000 paket sembako murah yang untuk disebar ke semua daerah se-Kabupaten Lamandau," ungkapnya.

Saat ini, lanjut Penyang, pihaknya tengah melakukan pendataan secara ketat untuk penerima sembako murah di wilayah Kecamatan Bulik dan Sematu Jaya. Diperkirakan, pendataan bakal rampung tengah pekan ini. 

Selain itu, Penyang juga meminta pihak UMKM yang telah sepakat bekerjasama dalam pengadaan sembako murah tersebut harus memastikan ketersediaan barang di toko mereka sebelum nantinya pasar murah dimulai.

"Kami minta penyedia memastikan kesiapan barang sebelum program dimulai, ini untuk meminimalisir masalah. Apalagi di Kecamatan Bulik itu jumlah KK nya sangat banyak. Nanti pada saat banyak yang membeli, ternyata barang tidak ada atau kehabisan, kan itu jadi masalah. Jadi harus dipastikan dulu ketersediaannya," kata Penyang. 

Dia berharap, program sembako murah ini dapat membantu masyarakat di tengah pandemi corona. Apalagi saat ini umat Muslim menjalani Bulan Suci Ramadan. 

Diketahui, paket sembako murah tersebut rinciannya berupa beras 10 kilogram, minyak goreng dua liter, mi instan satu dus, serta ikan kaleng 465 gram.

Masyarakat yang telah memegang kupon dapat membelinya dengan harga Rp. 125.000/paket. (HENDI NURFALAH/m)

Berita Terbaru