Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Krismen, Petani Milenial Barito Timur Sukses Budidaya Jagung Pakan

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 29 Mei 2020 - 11:35 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Krismen, salah satu petani milenial Kabupaten Barito Timur sukses mengembangkan budidaya tanaman jagung pakan ternak di desanya.

Pria yang tinggal di Desa Kalamus Kecamatan Paku ini mulai mengembangkan budidaya jagung pakan sejak tahun 2014.

"Saya sejak remaja sudah belajar bisnis di bidang pertanian," ungkap Krismen di Desa Kalamus, Jumat 29 Mei 2020.

Sebagai petani milenial, dia berusaha mengakrabkan diri dan memanfaat teknologi informasi seperti internet untuk meningkatkan pengetahuannya di bidang pertanian serta mengembangkan jaringan pemasaran hasil panen jagung.

Upaya yang dilakukannya tersebut berbuah manis, kini Krismen menjadi petani yang sukses mengembangkan komoditi jagung pakan di desanya, paling tidak dalam sebulan dia meraih omset Rp 20 juta dari hasil penjualan jagung kering pipilan.

"Hasil panen jagung biasa dibeli oleh Bartim Farm Indonesia, pabrik pakan ternak yang ada di Kecamatan Paku," imbuhnya.

Krismen mengaku bangga karena dengan menjadi  petani milenial dia bisa lebih banyak mengenal orang-orang hebat untuk belajar dari mereka.

Dia juga tidak pelit untuk menularkan ilmu dan pengalamannya kepada petani muda yang lain di Kecamatan Paku maupun di kecamatan lain di kabupaten Barito Timur.

"Rencana ke depan, kami tetap fokus pada pertanian tanaman pangan dan palawija   dan mengembangkan bisnis dengan menjalin relasi, kemitraan serta membuat konten-konten seputar pertanian supaya pertanian  dapat lebih dikenal masyarakat terutama petani muda," semangat Krismen. (BOLE MALO/B-7)

Berita Terbaru