Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Desa Pangkalan Satu Juara Lomba Lewu Isen Mulang, Ini Pendapat Kepala Desanya

  • Oleh Wahyu Krida
  • 29 Juni 2020 - 14:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Terkait kemenangan desanya menjadi juara Lomba Lewu Isen Mulang atau Desa Pantang Mundur yang digelar Polda Kalteng dalam rangka HUT ke 74 Bhayangkara 2020, Kepala Desa Pangkalan Satu, Kecamatan Kumai Mujiono, Senin, 29 Juni 2020 mengatakan, berbagai hal yang menjadi penilaian sebenarnya sudah dilakukan desanya sejak bertahun-tahun lalu.

Menurut Mujiono saat diwawancarai di Mapolres Kobar, segala upaya yang dilakukan seluruh warga desanya terkait pencegahan covid-19, penanganan karhutla dan ketahanan pangan merupakan upaya mereka untuk menolong desanya sendiri bila terjadi situasi kebencanaan.

"Hal ini kami lakukan contohnya penanggulangan karhutla, karena kami tidak ingin warga kami sakit akibat kabut asap. Demikian juga saat ini pada masa pandemi covid-19. Kami bekerjasama untuk mencegah, jangan sampai ada warga desa yang sampai terjangkit penyakit berbahaya ini," jelas Mujiono.

Kemudian, menurut Mujiono, upaya ketahanan pangan juga dilakukan di desanya untuk menjaga ketersediaan pangan dan meningkatkan perekonomian warga.

"Jadi hal yang dilakukan ini bukan semata-mata untuk mengikuti lomba. Bila memang diapresiasi sebagai juara, tentunya kami sangat bersyukur," ungkapnya.

Menurut Mujiono, pemberitahuan bahwa desanya bakal dinominasikan sebagai perwakilan Kobar pada lomba tersebut sangat mendadak.

"Hanya beberapa minggu sebelum pengumuman hasil lomba desa hari ini, kami mendapatkan informasinya," bebernya.

Masih menurut Mujiono, dalam hal pencegahan covid-19, sejak pandemi awal Maret 2020, perangkat desa sudah berkoordinasi dengan warga untuk mengupayakan agar jangan sampai warga desanya terpapar penyakit tersebut.

"Sehingga sejak awal kami sudah melakukan penjagaan di pintu masuk desa, menyediakan sarana cuci tangan dan selalu melakukan social distancing serta mengggunakan masker saat beraktivitas sesuai anjuran pemeritah,"

"Alhamdulillah sampai saat ini warga desa kami tidak ada warga yang terkena covid-19 dan semoga tidak pernah ada," tutur Mujiono. (WAHYU KRIDA/B-7)

Berita Terbaru