Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemprov Kalteng Dukung Pengembangan Tanaman Kopi di Pulang Pisau

  • Oleh James Donny
  • 03 Agustus 2020 - 19:05 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Tanaman kopi mulai dikembangkan di Kabupaten Pulang Pisau sejak 2019. Bahkan, upaya pengembangan itu telah mendapat perhatian dan dukungan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.

Bupati Pulang Pisau, Edy Pratowo mengatakan, sebagai bentuk dukungan itu pemprov memberi bantuan bibit tanaman kopi dan sarana pertanian untuk lahan seluas 13 hektare. 

"Tidak hanya untuk kopi, Pemkab Pulang Pisau juga mendapat bantuan sarana pengembangan bahan olah karet bersih, berupa pisau sadap, talang sadap, bak penampung, cairan pembeku karet," ujar Edy Pratowo.

Dalam pengembangan potensi tanaman perkebunan tersebut, pemprov juga menyediakan peralatan pasca panen kopi maupun karet. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pulang Pisau, Slamet Untung Riyanto mengatakan terdapat 400 tanaman kopi yang tersebar di 4 kecamatan. Untuk itu, pihaknya terus memberikan pembinaan serta membagikan bantuan bibit kopi untuk petani.

"Harapannya, usaha agrobisnis yang dirintis sebagian masyarakat terus berkembang. Petani juga agar selalu berinovasi dan mengembangkan hasil pertanian yang diolah menjadi produk unggulan daerah," katanya. (JAMES DONNY/B-11)

Berita Terbaru