Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

H Abdul Rasyid AS: Terapkan Ilmu Manajerial yang Modern dalam Dunia Bisnis

  • Oleh Wahyu Krida
  • 11 November 2020 - 20:51 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Sekecil apapun bisnis yang dilakukan maka sebaiknya harus menerapkan ilmu manajerial yang modern untuk memudahkan penanganan bisnis yang dilakukan.

Demikian pesan Owner Citra Borneo Indah (CBI) Group, H. Abdul Rasyid AS kepada generasi milenial yang berkunjung untuk menpelajari dunia bisnis di perusahaan yang tergabung dalam CBI Group yaitu PT. Sawit Sumbermas Sarana (SSMS), Tbk dan PT. Sulung Ranch, Rabu, 11 November 2020.

"Karena saat memulai bisnis saat dikisaran usia 20 tahunan, ilmu manajemen saya terapkan dalam dunia usaha yang saya geluti. Ini tetap dilakukan bahkan ditingkatkan hingga sekarang, karena sebagai bahan gambaran kalian, saat ini ada sekitar 30 ribuan karyawan yang bekerja diberbagai unit usaha. Bila ilmu manajerial tidak diterapkan tentunya akan susah menanganinya," jelasnya.

Selain itu menurut H. Abdul Rasyid AS, ada hal lain yang juga penting dipelajari saat melakukan bisnis.

"Pelajari akunting, neraca dan resiko bisnis, sehingga kita bisa mengetahui bagaimana perkembangan usaha yang kita lakukan. Apakah rugi atau laba dan mengetahui apa penyebab semua itu terjadi," jelasnya lagi.

Kemudian perhatikan benar-benar resiko bisnis. "Karena saat saya melakukan usaha pada masa-masa awal, saya sempat merasa terlena dengan keberhasilan yang didapatkan. Sehingga resiko bisnis saya abaikan. Nah belajar dari pengalaman tersebut, setiap bisnis yang dilakukan, saya perhatikan betul resikonya. Sehingga saya bisa melakukan analisa mendalam untuk mencari cara bagaimana mengatasi resiko tersebut," jelasnya.

Selain itu menurut H. Abdul Rasyid AS, saat menggeluti dunia bisnis, jangan menjadi manusia yang cengeng dan cepat patah semangat.

"Kegagalan dan keberhasilan dalam dunia bisnis adah hal yang pasti dihadapi. Namun bagaimana kita menyikapi sebuah kegagalan, untuk mencapai suatu keberhasilan. Bila mengalami sebuah kegagalan, kita malah patah semangat dan tidak berani mencoba mengambil resiko lagi, maka kita tidak bakal mengalami kemajuan," jelasnya. (WAHYU KRIDA/B-6)

Berita Terbaru