Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Murung Raya: BLK Bisa Jadi Jawaban Kurangi Angka Pengangguran

  • Oleh Trisno
  • 12 November 2020 - 19:45 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Bupati Murung Raya Perdie M Yoseph mengatakan bahwa optimalisasi fungsi Balai Latihan Kerja (BLK) Tukoi Lau di Desa Konut Kecamatan Tanah Siang bisa jadi jawaban atas permasalahan tingginya angka ppengangguan.

Karena saat ini persaingan di dunia usaha tentu membutuhkan tenaga kerja yang terampil dan berkompetensi, sehingga BLK nantinya akan menjadi salah satu sarana untuk membentuk tenaga kerja Mura yang siap pakai.

Hal ini disampaikan Bupati saat memimpin rapat koordinasi dengan seluruh SOPD terkait termasuk dihadiri sejumlah investor di Aula BLK Konut dalam rangka segera memungsikan maksimal keeradaan sarana BLK dalam waktu dekat, Kamis kemarin.

Dikatakan Bupati, BLK nantinya akan menjadi sebuah sarana masyarakat untuk meningkatkan keterampilan kerja, yang tentu BLK harus dikuatkan dengan didukung sarana dan prasarana yang memadai.

“Saya sengaja melaksanakan rapat koordinasi di aula BLK Desa Konut ini, dan mengundang SOPD terkait termasuk para inesntor, itu untuk menyamakan persepsi dan membuat komitmen bersama untuk optimalisasi peran dan fungsi BLK kedepan,” kata Bupati.

BLK akan menjadi sebuah tempat pelatihan bagi masyarakat, dan difokuskan program pelatihhhannya menyangkut beberapa bidang yang nanti akan disepakati.

Ia menarik kesimpulan bahwa untuk optimalisasi BLK, harus memiliki workshop yang memadai, dan masing masing bidang punya workshop sendiri dengan dilengkapi instruktir dan sarana pelatihan.

Untuk melengkapi workshop itu, kata Bupati, tentu Pemerinta tidak sendiri, harus ada dukungan dari dunia usaha, termasuk perusahaan perusahaan tambang dan pemanfaatan hasil hutan untuk mendukung.

Karena ini berkaitan jelasnya, keberadaan BLK akan membantu dunia usaha dalam mendapatkan tenaga kerja local yang siap kerja dan berkompetensi dan itu tentu menjadi harapan bersama dalam rangka menekan angka pengangguran di Kabupaten Mura.

Bahkan sebagai bentuk keseriusan membangun dan memfungsikan BLK, Bupati saat itu mengemukakan akan lebbih banyak berkantor di BLK.

Sementara itu laporan Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Mura, H. Padjadurdinnor mengungapkan bahwa SOPD nya mendapat perinta dari Bupati untuk mengoptimalisasi fungsi BLK kedepan, dan tentu akan segera ditindaklanjuti.

Berita Terbaru