Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Keselamatan dan Kesehatan Kerja Harus Diutamakan

  • Oleh Naco
  • 07 Desember 2020 - 16:41 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Wakil Ketua DPRD Kotawaringin Timur, Rudianur meminta agar semua pihak yang mempekerjakan karyawan untuk bisa komitmen menerapkan kesehatan dan keselamatan kerja (K3).

Hal ini untuk melindungi pekerja, mengurangi resiko kecelakaan kerja, meningkatkan produktivitas dan meningkatkan daya saing perusahaan.

"Kami tidak ingin kasus kecelakaan kerja yang belakangan ini  menelan korban jiwa terulang kembali," tukasnya, Senin, 7 Desember 2020.

DPRD terus mendorong partisipasi aktif dari masyarakat industri untuk bersatu padu bersama pemerintah dan masyarakat luas agar terus berusaha mencegah terjadinya kecelakaan kerja dan melaksanakan budaya K3 di perusahaan.

Menurutnya masalah K3 bukan hanya sebatas masalah ketenagakerjaan tapi lebih dari itu, menurutnya, alat yang digunakan untuk bekerja di perusahaan juga harus  rutin diperhatikan. 

Selain itu pemerintah kabupaten juga harus rutin melakukan pengecekan karena seharusnya pemerintah secara kongkrit menggaungkan sadar k3 ke pekerja oleh perusahaan. 

“Pemerintah dan perusahaan bersama-sama harus menggiatkan sosialisasi K3, dinas tenaga kerja harus rajin turun ke lapangan dan harus menggalakkan k3 secara kongkrit,” tutupnya.

Kemudian  apabila sudah turun ke lapangan dan melihat ada perusahaan tidak menjalankan K3, segera berikan sanksi bagi perusahaan yang melanggar, contohnya apabila mesin tidak layak segera beri sanksi biar ada efek jera. (NACO/B-6)

Berita Terbaru