Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Asa Swasembada Pangan di Calon Ibu Kota Negara

  • Oleh ANTARA
  • 31 Januari 2021 - 13:50 WIB

BORNEONEWS, Penajam  - Fajar berlalu. Rombongan dari Pemprov Kalimantan Timur dan Balai Wilayah Sungai Kalimantan IV perlahan menjauhi tempat peristirahatan semalam, salah satu hotel di Petung, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Rombongan ini dipimpin oleh Asisten I Setprov Kalimantan Timur (Kaltim) M Jauhar Efendi. Dalam hal ini, Jauhar adalah Ketua Tim Persiapan Pengadaan Tanah untuk pembangunan jalan akses, bendung pelengkap, saluran primer dan sekunder Bendung Irigasi Telake.

Rombongan tersebut menuju lokasi calon Bendung Irigasi Telake, guna meninjau sekaligus melakukan pertemuan dengan pihak terkait, seperti perwakilan pemilik lahan, kades dan lurah yang wilayahnya terkena pembebasan lahan.

Bendung irigasi ini berfungsi untuk mengairi areal persawahan di dua kabupaten, yakni Kabupaten Paser dan Kabupaten PPU, kawasan calon Ibu Kota Negara (IKN).

Pembangunan Bendung Irigasi Telake yang segera dimulai ini ditargetkan tuntas pada 2023, sehingga tahun 2024 bisa dimanfaatkan untuk mengairi sawah guna mendukung target swasembada beras.

Target awal penuntasan bendung ini pada 2024, tapi karena untuk mendukung swasembada beras dalam rangka rencana pemindahan Ibu Kota Negara, maka targetnya dimajukan menjadi 2023.

Tentu untuk menyelesaikan pembangunan ini diperlukan dukungan semua pihak agar dapat dise juga meminta dukungan semua pihak agar pembangunannya bisa lancar sesuai target.

Pertemuan dilakukan dengan banyak pihak karena akses dan peta bidang pendukung bendung ini beririsan dengan 15 desa/kelurahan, yakni 10 desa di Kabupaten PPU dan 5 desa/kelurahan yang masuk wilayah Kabupaten Paser.

Adapun 5 desa/kelurahan yang di Kabupaten Paser berada di Kecamatan Long Kali, yakni Desa Sebakung, Sebakung Taka, Sebakung Makmur, Muara Adang II, dan Kelurahan Long Kali.

Sedangkan 10 desa di Kabupaten PPU berada di Kecamatan Babulu, yakni Desa Gunung Makmur, Gunung Mulia, Gunung Intan, Sebakung Jaya, Babulu Darat, Babulu Laut, Labangka Barat, Sumber Sari, Sri Raharja, dan Desa Rawa Mulia.

Berita Terbaru