Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sulung Ranch Station Berperan Lakukan Rekomendasi Pupuk untuk Kebun Rakyat

  • Oleh Testi Priscilla
  • 21 Februari 2021 - 23:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sulung Research Station atau SRS yang merupakan Divisi Penelitian PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk turut berperan dalam melakukan penyusunan rekomendasi pupuk untuk kebun rakyat di sekitar lingkungan Perseroan.

"SRS memberikan serangkaian pelayanan dalam menentukan jenis dan dosis pupuk yang optimal bagi tanaman belum menghasilkan atau TBM dan tanaman menghasilkan atau TM," kata kata Direktur Utama Sawit Sumbermas Sarana atau SSMS, Vallauthan Subraminam dalam rilisnya pada Minggu, 21 Februari 2021.

Menurut Vallauthan, pelayanan meliputi penentuan blok Leaf Sampling Unit atau LSU dan Soil Sampling Unit atau SSU, pengambilan LSU dan SSU serta pengamatan visual terhadap kondisi kesehatan tanaman dengan melakukan pemeriksaan kondisi areal perkebunan kelapa sawit.

"Selama ini, kegiatan pemupukan sesuai anjuran hampir tidak dilakukan oleh sebagian kebun rakyat. Hal ini mengakibatkan adanya ketidakseimbangan nutrisi pada tanaman kelapa sawit yang diusahakan," jelasnya.

Peningkatan produksi kelapa sawit pada Perkebunan Rakyat menurut Vallauthan dapat dicapai dengan cara menerapkan pemupukan berimbang dan spesifik lokasi seperti jenis tanah dan iklim.

"Rekomendasi pemupukan yang disusun oleh SRS didasarkan pada prinsip keseimbangan nutrisi dalam tanaman dan tanah, sehingga menghasilkan dosis pupuk yang akurat serta mendukung produktivitas optimum. Dalam pelaksanaan analisis nutrisi tanaman dan tanah, SRS didukung oleh Laboratorium Analitik yang sudah terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional atau KAN untuk management Mutu ISO 17025 : 2017," bebernya lagi. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru