Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Seluruh Pihak di Gunung Mas Harus Bersinergi Atasi Karhutla

  • Oleh Magang 1
  • 04 Maret 2021 - 14:50 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun – Sekda Gunung Mas, Yansiterson memimpin Apel Gelar Pasukan dan Sarpras dalam rangka menghadapi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Gedung Pertemuan Umum Damang Batu Kuala Kurun, Kamis 4 Maret 2021.

Kapolres Gumas dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Yansiterson mengatakan, sesuai arahan Presiden beberapa waktu lalu, karhutla termasuk bencana yang mendapat perhatian secara nasional.

“Maka sudah sepatutnya kita bersama pemangku kepentingan lain, TNI-Polri, juga ada Manggala Agni, Badang Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Badan Pemadaman Kebakaran Swasta (BPKS) serta pemerintah daerah bersinergi,” ucapnya.

Dia mengingatkan pentingnya memprioritaskan upaya-upaya pencegahan yang terorganisir secara dini, serta menyamakan persepsi sehingga ada tata kelola dan manajemen yang baik, yang sifatnya koordinasi maupun konsolidasi.

Selain itu, dia juga berharap masyarakat turut melakukan antisipasi karhutla, termasuk pengawasan. Pencegahan dini lebih penting daripada mengatasi.

Ada beberapa hal yang dapat mencegah terjadinya karhutla. Yang harus diperhatikan seperti aktivitas masyarakat dan menyosialisasikan kepada warga agar saat membuka ladang atau lahan pertanian jangan menggunakan cara membakar hutan.

Lalu jangan meninggalkan bekas api unggun yang membara di hutan, jangan membuat arang di hutang, serta jangan membuang puntung rokok sembarangan di dalam hutan. (MAGANG/B-7)

Berita Terbaru