Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Daftar Daerah di Kalteng yang Mengalami Kenaikan Produksi Padi Tahun 2020

  • Oleh Donny Damara
  • 06 Maret 2021 - 19:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kalteng merupakan salah satu daerah yang ada di Indonesia yang memiliki potensi untuk memproduksi padi secara besar. Tidak heran pemerintah pusat melirik dan menunjuk Kalteng menjadi salah satu daerah untuk mengembangkan Program Strategis Nasional (PSN) Food Estate.

Selain itu, berdasarkan data dari BPS Kalteng, ada beberapa daerah di Kalteng pada tahun 2020 lalu yang mengalami kenaikan produksi padi. Yakni Kabupaten Kapuas, Barito Selatan, Katingan, Pulang Pisau, Kotawaringin Timur, dan Murung Raya.

"Kalau untuk Kapuas, Pulang Pisau, dan Kotawaringin Timur merupakan kabupaten dengan total produksi padi atau GKG tertinggi di antara daerah lainnya," kata Ketua BPS Kalteng, Eko Marsoro, Sabtu, 6 Maret 2021.

Dia mengatakan, untuk kabupaten dengan produksi padi terendah pada tahun 2020, yaitu ada di Kota Palangka Raya, Kotawaringin Barat, dan Gunung Mas.

Sementara itu, ada tiga kabupaten dengan potensi produksi padi atau GKG tertinggi pada bulan Januari - April 2021, yakni Kabupaten Kapuas, Kotawaringin Timur, dan Pulang Pisau.

Kemudian ada juga tiga kabupaten atau kota dengan potensi produksi padi terendah pada periode yang sama yaitu Kota Palangka Raya, Kabupaten Kotawaringin Barat, dan Murung Raya.

"Kalau untuk potensi kenaikan produksi padi pada subround Januari sampai April 2021 dibandingkan subround yang sama pada 2020 terjadi di Kabupaten Kapuas, Kotawaringin Timur dan Barito Selatan, lalu untuk potensi penurunan produksi padi pada subround Januari April 2021 terjadi hampir di semua Kabupaten atau Kota," pungkasnya. (DONNY D/B-11)

Berita Terbaru