Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Sukamara: Banyak Investor Tambang Pasir Silika Ingin Masuk Pantai Lunci

  • Oleh Norhasanah
  • 16 Maret 2021 - 14:11 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Bupati Sukamara, Windu Subagio mengatakan saat ini banyak investor tambang pasir silika yang ingin masuk wilayah Kecamatan Pantai Lunci dan beberapa di antaranya sudah mengajukan izin kepada Kementerian ESDM.

"Yang serius banyak sudah, yang masuk sudah ada sekitar 9 perusahaan," kata Windu Subagio saat diwawancara Selasa, 16 Maret 2021.

Windu melanjutkan saat ini sudah ada beberapa perusahaan yang positif mengajukan izin pertambangan dan proses izin diberikan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. 

"Kita hanya memberikan informasi lahan saja. Tapi kita belum taulah, nantikan akan terseleksi juga investor mana saja yang bisa masuk," ujarnya.

Untuk mendapatkan izin pertambangan pasir silika di wilayah Kecamatan Pantai Lunci dinilai memakan waktu yang cukup panjang, karena ada beberapa hal yang harus dipenuhi investor untuk bisa melakukan aktivitas tersebut.

"Jadi sebetulnya urusan administrasi, legalitas dan lain sebagainya itu cukup panjang. Saat ini masih berposes," jelasnya.

"Sekarang urusannya memang di kementerian, namun juga nanti ada kewajiban mereka kepada daerah dan di antaranya Amdal, pada saat Amdal ini kita susun supaya kegiatan yang akan mereka lakukan ini kedepan tidak merusak lingkungan," ungkapnya.

Bupati menambahkan wilayah pesisir memiliki banyak potensi, selain pertambangan pasir silika, tambak dan budidaya juga banyak potnsi lain yang bisa dikembangkan. (NORHASANAH/B-6)

Berita Terbaru