Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KLHK Bangun Sekat Kanal di Tiga Kabupaten Kalteng

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 19 Maret 2021 - 19:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) membangun 663 sekat kanal di tiga kabupaten di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan M.R. Karliansyah mengatakan pembangunan sekat kanal dilakukan di Kabupaten Pulang Pisau, Kapuas dan Barito Selatan.

Program sekat kanal dan program desa mandiri peduli gambut dilakukan sebagai dari upaya mendukung program food estate dan PEN di areal eks PLG 1 juta hektar.

“Selain mendukung program ketahanan pangang, sekat kanal dibuat agar lahan gambut tetap basah dimusim kemarau dan meminimalisir terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) tahun 2021 ini,” kata Karliansyah di Kantor Gubernur, Jumat 19 Maret 2021.

Ia menjelaskan kegiatan Inventarisasi karakteristik ekosistem gambut digunakan skala 1:50.000 pada 9 Kesatuan Hidrologis Gambut (KHG) seluas 1.277.800 hektar dan pembangunan 663 sekat kanal dengan luas areal yang terbasahkan seluas 36.298,7 hektar. 

“Seluruh pekerjaan pembangunan sekat kanal di Barito Selatan, Kapuas dan Pulang Pisau di Kalteng melibatkan masyarakat desa 6.704 orang,” ungkapnya.

Karliansyah mengatakan untuk dana yang tersalurkan kepada masyarakat melalui pembangunan sekat kanal sekitar Rp. 32,89 miliar. (HERMAWAN DP/B-5)

Berita Terbaru