Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kotim Harusnya Bisa Kembangkan Peternakan Sapi

  • Oleh Naco
  • 14 Mei 2021 - 14:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) Khozaini menilai, Kabupaten Kotim harusnya bisa mengembangkan peternakan Sapi.

Karena kata dia seperti di Kabupaten Kotawaringin Barat, pengembangan sapi itu sudah dilakukan dan hal semacam itu bisa dilakukan di daerah ini

"Sejauh ini kita masih belum mampu mengembangkan sapi untuk memenuhi kebutuhan daging sapi di pasaran," kata Khozaini, Jumat, 14 Mei 2021.

Sehingga kata dia sejauh ini Kotim masih ketergantungan sapi  dari luar daerah yang membuat harga daging sapi relatif mahal bagi masyarakat.

"Padahal jika Kotim mengembangkan peternak sapi, kita tidak akan bergantung lagi dengan sapi dari luar daerah. Tinggal berdayakan peternak yang ada di daerah ini saja, maka harga daging sapi di pasar akan lebih terjangkau untuk masyarakat," tukas Khozaini.

Legislator Partai Hanura ini, menyebutkan selama ini pasokan sapi untuk Kotim di datangkan dari luar daerah yakni Kotawaringin Barat (Kobar), Banjarmasin, Jawa dan Sulawesi.

Karena jarak yang cukup jauh, tentu biaya yang dikeluarkan lebih banyak untuk transportasinya. Itulah kadang yang menyebabkan bertambah tingginya harga daging sapi di pasaran.

Khozaini menyarankan, agar pemerintah setempat melakukan pembinaan dan pemberdayaan untuk peternak lokal. Di mana Kotim masih banyak memiliki lahan tidur untuk pertenakan.

"Pemkab Kotim saya lihat masih belum serius mengembangkan peternakan sapi ini," tandasnya. (NACO/B-5)

Berita Terbaru