Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Korlantas Polri Perketat Pengawasan Antisipasi Arus Balik

  • Oleh ANTARA
  • 15 Mei 2021 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Istiono menginstruksikan seluruh jajarannya memperketat pengawasan untuk menghadapi puncak arus balik Lebaran 2021 yang diprediksi terjadi akhir pekan ini.

"Puncak arus balik diprediksi mulai Sabtu ini sampai besok (Minggu, Red) karena Senin (17/5) masyarakat mulai masuk kerja," kata Kakorlantas Polri Irjen Istiono dalam keterangan tertulis diterima Sabtu 15 Mei 2021.

Istiono menyebutkan, prediksi ada 1,5 juta pemudik yang kembali ke wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi).

Angka ini mengacu pada data Kementerian Perhubungan yang mencatat ada 1,5 juta warga Jabodetabek melakukan perjalanan di hari peniadaan mudik.

"Menurut data Kementerian Perhubungan, masyarakat yang berasal dari Jabodetabek melakukan perjalanan ke Jawa dan Sumatera. Ini yang perlu dikelola perjalanan balik ke Jabodetabek. Oleh karenanya kami antisipasi mobilisasi kendaraan roda empat dan roda dua di jalur tol maupun arteri," katanya.

Upaya antisipasi yang dilakukan, selain memastikan masyarakat yang balik terbebas dari COVID-19, juga mengantisipasi arus lalu lintas selama puncak arus balik tetap lancar.

Langkah-langkah yang dilakukan seperti mengalihkan arus lalu lintas untuk kendaraan bersumbu tiga ke jalur arteri. Pengalihan berlaku mulai siang ini.

"Untuk truk sumbu tiga ke atas yang melalui jalan tol perlu dilakukan diskresi kepolisian pengalihan truk sumbu tiga ke atas melalui jalur arteri atau non-tol mulai dari Semarang sampai Jakarta," katanya.

Korlantas bersama Satgas COVID-19 juga menyiapkan 109 titik 'check point' untuk memeriksa seluruh pengendara yang memasuki wilayah Jabodetabek.

Semua pengendara harus membawa surat keterangan hasil 'swab antigen' atau PCR swab test negatif. Bagi masyarakat yang tidak membawa surat bebas COVID-19, akan dilakukan tes acak di lokasi yang ditentukan.

Berita Terbaru