Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tingkatkan SDM, Dinas Pendidikan Kapuas dan UM Banjarmasin Jalin Kerja Sama

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 11 Juli 2021 - 14:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Pemkab Kapuas melalui Dinas Pendidikan dan Universitas Muhammadiyah (UM) Banjarmasin melakukan penandatanganan kesepakatan bersama, Memorandum of Understanding (MoU) penyelenggaraan bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Penandatanganan MoU ini terwujud setelah sebelumnya dilakukan pertemuan secara intens yang difasilitasi oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kapuas dan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Selatan.

"Alhamdulillah atas ijin dari Bapak Bupati Kapuas saya telah melakukan penandatangan MoU dengan Rektor UM Banjarmasin. Tujuannya adalah memberi kesempatan seluas-luasnya kepada Guru untuk meningkatkan kualifikasi pendidikannya," kata Suwarno, Minggu 11 Juli 2021.

Dia menuturkan, Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
menegaskan bahwa guru wajib memiliki kualifikasi akademik S1/DIV.

"Kondisi saat ini sebanyak 40 persen dari 3.742 guru honorer di Kabupaten Kapuas agar berkualifikasi ijazah sarjana S.1/D.IV serta melanjutkan ke pascasarjana S.2,” ucapnya.


Dia menambahkan jika MoU dilaksanakan selain untuk memenuhi jenjang kualifikasi juga guna mewujudkan tujuan kedua dari program Pendidikan Hebat Kapuas Cerdas yakni peningkatan profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan.

Sebelumnya, Rektor UM Banjarmasin Ahmad Khairudin, menyambut antusias MoU ini guna menyelenggarakan pendidikan lanjut bagi guru-guru yang belum S1 dengan membuka kelas (perkuliahan) di Kabupaten Kapuas.

"Karena tempatnya berdekatan mungkin secara regulasi dan praktis lebih mudah, sehingga kedepan dapat meningkatkan mutu sumber daya manusia di Kabupaten Kapuas dan memenuhi visi Pendidikan Hebat Kapuas Cerdas," ucapnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-7)

Berita Terbaru