Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPBD Palangka Raya Siapkan Sentra Pantau Hotspot

  • Oleh Hendri
  • 29 Juli 2021 - 16:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala BPBD Kota Palangka Raya, Emi Abriyani menyampaikan pihaknya telah menyiapkan sentra pengecek titik hotspot di wilayah setempat.

“Kami bersinergi dengan instansi terkait baik dari TNI, Polri, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Dinas Kehutanan untuk melakukan pemadaman apabila terjadi karhutla," katanya,  Kamis 29 Juli 2021.

Emi mengungkapkan, sampai saat ini pihaknya telah mendeteksi dua titik hotspot kebakaran hutan dan lahan yang mulai muncul beberapa hari belakangan ini.

“Jumlahnya memang tidak banyak. Hanya satu atau dua titik kebanyakan terjadi di wilayah Kecamatan Jekan Raya. Sebelumnya ada juga terjadi di Kelurahan Panarung," ungkapnya.

Emi menyimpulkan, penyebab munculnya titik api tersebut disebabkan karena adanya aktivitas masyarakat yang membuka lahan dengan cara membakar.

“Beberapa lahan di wilayah kita kebanyakan lahan gambut. Saat memasuki musim kering, gambut akan sangat rentan terbakar," ujarnya.

Dia mengajak masyarakat untuk dapat bersama-sama mencegah agar kebakaran hutan dan lahan tidak terjadi dengan cara hindari pembukaan lahan dengan cara dibakar. (HENDRI/B-5)

Berita Terbaru