Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kobar Gelar Asistensi Perkuat Akuntabilitas Kinerja

  • Oleh Wahyu Krida
  • 20 Agustus 2021 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Berbagai cara dilakukan Pemkab Kotawaringin Barat (Kobar) dalam menyusun langkah perbaikan pelaksanaan dan peningkatan nilai akuntabilitas kinerja instansi. Salah satunya melalui asistensi.

Bupati Kobar Nurhidayah, Jumat, 20 Agustus 2021 menjelaskan, kegiatan yang digelar secara virtual, Kamis, 19 Agustus 2021 juga menghadirkan narasumber dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB).

Sebagai pelaksanaan protokol kesehatan pencegahan penyebaran covid-19, para SKPD Kabupaten Kobar juga mengikuti kegiatan tersebut secara virtual.

Bupati mengatakan, kegiatan ini digelar untuk memonitor sejauh mana pelaksanaan program kerja dan kegiatan dengan penyerapan anggaran. 

“Setiap pelaksanaan program kerja dan kegiatan harus sesuai dengan apa yang telah direncanakan. Perlu ditekankan bahwa birokrasi harus bekerja dengan memanfaatkan anggaran se-efektif dan se-efisien mungkin, meski dengan keterbatasan anggaran," jelas Bupati.

Bupati melanjutkan, berdasarkan hasil evaluasi akuntabilitas kinerja instansi Pemkab Kobar Tahun 2019, mendapat predikat B dengan skor 60,05. 

"Sedangkan hasil evaluasi AKIP Tahun 2020 memperoleh predikat “B” dengan skor 61,19. Dari hasil tersebut ada kenaikan skor seumlah 1,14% dari Tahun 2019," jelas Bupati.

Bupati berharap, tahun 2021 Kabupaten Kobar bisa memperoleh predikat A atau BB. “Target ini harus menjadi warning bagi perangkat daerah untuk melakukan analisis pada unit kerja masing-masing, kurangnya apa, salahnya apa, bagian mana yang perlu diperbaiki dan apa yang harus dilakukan selanjutnya,” tegas Bupati

Bupati menambahkan, upaya perbaikan dan penguatan akuntabilitas kinerja tidak hanya dilakukan oleh tim SAKIP Kobar. "Namun dibutuhkan peran semua elemen terutama kepala perangkat daerah dan para pejabat di lingkungan Pemkab Kobar karena penguatan akuntabilitas adalah sebuah upaya kolektif,” tutur Bupati. (WAHYU KRIDA/B-7)

Berita Terbaru