Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Pendidikan Kapuas Lakukan Persiapan Pelaksanaan Asesmen Nasional

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 25 Agustus 2021 - 13:36 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Kapuas terus memantapkan pelaksanaan Asesmen Nasional (AN) dengan telah menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) persiapan AN secara virtual.

Rakor itu diikuti seluruh kepala SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA dan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) se Kabupaten Kapuas.

“AN adalah evaluasi oleh pemerintah untuk pemetaan mutu sistem pendidikan pada tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah. Jadi kita persiapkan ini," kata Kepala Disdik Kapuas, Suwarno Muriyat, Rabu 25 Agustus 2021.

Dia menuturkan instrumen yang digunakan meliputi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) untuk pengukuran kompetensi peserta didik dalam literasi dan numerasi, survei karakter, dan survei lingkungan belajar.

"Karena AN dilaksanakan berbasis komputer sehingga disebut Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK)," jelasnya. Bahkan Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemdibudristek telah menetapkan Prosedur Operasi Standar Asesmen Nasional (POS AN) Tahun 2021 menjadi pedoman dalam pelaksanaannya.

Ketua Panitia, Eva Sondang Saragih menyampaikan jika Rakor berlangsung secara virtual sebab pemberlakuan PPKM Level 4 di Kabupaten Kapuas.

“Melalui Rakor ini diharapkan seluruh Kepala Sekolah/Madrasah jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah se Kabupaten memiliki pemahaman yang sama tentang AN dan nantinya sukses dalam pelaksanaan serta dapat menentukan kebijakan pelaksanaan pembelajaran disetiap sekolah atau madrasah," ucapnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru