Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kabupaten Kapuas Bakal Terima Bantuan 62 Menara BTS

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 08 September 2021 - 11:55 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas bakal menerima bantuan dari pemerintah pusat untuk pembangunan menara Base Transceiver Station (BTS) atau dikenal sebagai tower pemancar sinyal telekomukasi.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kapuas, Junaidi menyebutkan tahun 2021 ini Kapuas akan menerima bantuan 62 BTS.

"Tahun 2021 dari 38 usulan, alhamdulillah kita mendapatkan bantuan pembangunan 62 menara BTS Se Kabupaten Kapuas,” kata Junaidi, Rabu, 8 September 2021.

Dia menjelaskan, untuk lokasi menara BTS tersebut memang diprioritaskan pada daerah di Kabupaten Kapuas yang masih blankspot atau belum ada jaringan komunikasi selama ini, seperti wilayah Kapuas Ngaju, yaitu Kecamatan Timpah, Pasak Talawang, Mandau Talawang, Kapuas Tengah, serta Kapuas Hulu.

Namun, ada beberapa hal mendasar yang harus disiapkan terlebih dahulu, agar pembangunan dapat dilakukan tanpa ada kendala.

"Penting sekali disiapkan fasilitas tanah atau lahan sudah hibah, dan sangat krusial jaringan listrik,” jelasnya.

Adapun rincian lokasinya yaitu di Kecamatan Pasak Talawang ada 10 titik, Timpah enam titik, Mantangai 11 titik, Kapuas Tengah tujuh titik, Mandau Talawang 10 titik, Kapuas Murung satu titik, Dadahup tiga titik, dan Kapuas Hulu 14 titik.

Minimal, kalau jaringan PLN belum masuk, atau belum ada, jadi ada dilakukan swadaya masyarakat dalam kesiapan jaringan listriknya. Terkait progresnya, dia menyebutkan sudah survei daerah prioritas dibangun.

"Perlu disadari 62 menara BTS dibangun, agar dapat semua terealisasi, sehingga diperlukan kerjasama desa dan masyarakat untuk sekitar, serta mempersiapkan lahan serta jaringan listrik,” pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-7)

Berita Terbaru