Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Barito Timur Buka Pelatihan UMKM

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 13 September 2021 - 16:35 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Bupati Barito Timur, Ampera AY Mebas membuka pelatihan bertajuk 'Pentingnya berwirausaha yang berkualitas di masa pandemi covid-19 bagi pelaku UMKM Kabupaten Barito Timur' di lapangan tenis indoor Kompleks Olahraga Nansarunai Tamiang Layang, Senin, 13 September 2021.

Pelatihan tersebut diikuti oleh 70 pelaku UMKM yang selanjutnya dibagi menjadi dua kelompok pelatihan sebagai langkah pencegahan penularan covid-19.

Saat menyampaikan sambutan, Bupati mengatakan dampak dari pandemi covid-19 sangat terasa di banyak negara, begitupun di Indonesia hampir seluruh provinsi dan kabupaten mengalami perubahan yang cukup signifikan disebabkan oleh wabah ini.

"Salah satu aspek yang terdampak yaitu kegiatan perekonomian dengan beberapa sektor yang paling tertekan seperti rumah tangga, UMKM dan sektor keuangan," kata Ampera.

Ditambah lagi peraturan dari pemerintah pusat dan  daerah yang membuat para pelaku usaha dengan berat hati mengurangi aktivitas bahkan menutup usaha sehingga menghambat mereka mencari nafkah untuk keluarga.


"Oleh karenanya, saat ini pelaku UMKM diharapkan mampu bertahan dan berkembang normal sebab kontribusi UMKM sangatlah besar dan krusial bagi perekonomian nasional Indonesia," ujar Ampera

Dia juga berharap pelatihan tersebut memberikan manfaat kepada peserta agar  dapat berkreasi dan beradaptasi selama pandemi serta tetap mengembangkan usaha dalam kondisi yang sulit.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM, Kariato menjelaskan, pelatihan tersebut juga bertujuan untuk memotivasi pelaku UMKM agar tidak menjadikan pandemi covid-19 sebagai penghalang dalam berusaha.

"Jadi dengan pelatihan ini pelaku usaha dapat tetap berinovasi dengan memanfaatkan media sosial dalam memasarkan produk. Mereka juga dilatih untuk meningkatkan manajemen sehingga mereka dapat mengelola usaha dengan baik selama pandemi," ungkapnya. (BOLE MALO/B-7) 

Berita Terbaru