Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kemenag Barito Timur Tingkatkan Kompetensi Pembelajaran Daring untuk Guru Agama

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 14 September 2021 - 14:55 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Barito Timur menggelar kegiatan Peningkatan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Kristen atau PAK, Selasa, 14 September 2021.

Kepala Kantor Kemenag, H Abdul Majid Rahimi menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan oleh Seksi Bimas Kristen Kantor Kemenag dalam upaya meningkatkan kompetensi guru PAK.

"Menurut kami kegiatan ini perlu dilaksanakan terutama untuk menjawab berbagai permasalahan pembelajaran daring (dalam jaringan) khususnya yang dialami oleh guru pada masa pandemi covid-19 ini," kata Abdul Majid saat membuka kegiatan tersebut.

Dia menjelaskan, guru harus memiliki kompetensi terkait pembelajaran daring, karena jika tidak memiliki kompetensi dimaksud, guru akan mengalami kesulitan dalam menyampaikan materi pelajaran kepada siswanya.

"Ketika pemberlakuan pembelajaran daring dan guru belum siap menggunakan sarana dan prasarana pembelajaran daring seperti komputer, laptop, smartphone dan lain-lain maka proses pembelajaran daring tidak akan berjalan sebagaimana yang diharapkan," tambahnya.

Selain kompetensi dalam penggunaan media pembelajaran daring, Abdul Majid juga mengingatkan agar guru mendukung program vaksinasi untuk persiapan pembelajaran tatap muka.

"Kalau guru di lingkungan kemenag saat ini hampir 90 persen sudah divaksin, sisa yang belum divaksin karena faktor kesehatan atau sedang hamil," jelasnya.

Sementara itu, Kasi Bimas Kristen Kantor Kemenag, Neti mengungkapkan, sebelum adanya pandemi guru PAK tidak dibekali kompetensi khusus pembelajaran daring. Karena itu dia meminta kegiatan yang hanya berlangsung satu hari itu dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk menggali pengetahuan tentang penggunaan perangkat jaringan.

"Selain itu, karena kegiatan hari ini hanya diwakili oleh beberapa guru maka kami juga berharap setelah kegiatan ini mereka dapat menularkan ilmu yang mereka dapatkan kepada guru-guru yang lain," tandasnya.

Kegiatan kompetensi guru PAK diikuti oleh 20 guru PAK se-Kabupaten Barito Timur dengan narasumber Ketua Asosiasi Pengawas Sekolah atau APSI Kabupaten Barito Timur, Jumakir Joutomo. (BOLE MALO/B-7) 

Berita Terbaru