Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggota DPRD Dorong Pemprov Bentuk Balai Inseminasi Buatan dan Pengadaan Alat Semator

  • Oleh Donny Damara
  • 23 September 2021 - 16:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota Komisi II DPRD Kalteng, Jainudin Karim mendorong Pemprov Kalteng supaya membentuk balai iseminasi buatan dan pengadaan alat semator di provinsi ini.

"Untuk pengadaan dan penganggarannya bisa dituangkan dalam RPJMD 2022-2026 Pemprov. Karena itu merupakan program pemerintah, saya rasa sangat penting ini ada di Kalteng," kata Jainudin Kamis, 23 September 2021.

Dia menjelaskan, kenapa balai itu sangat penting ada mengingat selama ini Kalteng sendiri masih ke provinsi tetangga yaitu Kalsel dalam hal seminasi hewan sapi untuk kebutuhan daging, sebab Kalteng sendiri masih kekurangan untuk kebutuhan daging sapi.

"Saat kita melaksanakan kaji banding ke Kalsel dan mengunjungi balai iseminasi buatan disana, kami mempelajari berbagai hal. Balai itu merupakan satu-satunya yang ada di Kalimantan, oleh karena itu balai ini perlu ada di Kalteng juga," ujarnya.

Diterangkannya, pembentukan balai ini perlu menjadi prioritas mengingat Kalteng merupakan sebagai salah satu daerah sebagai penyangga ibu kota baru dalam hal ketahanan pangan.

Ketahanan pangan yang ia maksud tidak hanya dalam bidang ketersediaan beras saja. Tapi juga kebutuhan protein hewani.

Oleh karenanya, program ketahanan pangan diharapkan dapat menjadi agenda utama Pemprov Kalteng.

"Jadi khusus untuk pengajuan balai iseminasi ini kita harap, usulan mengenai hal tersebut dapat dianggarkan pada RPJMD 2022-2026" sebutnya.

"Karena ditahun 2021 program ini sebenarnya sudah diusulkan. Namun belum masuk, saya harap program ini dapat menjadi prioritas," tambahnya.

Dikatakannya juga bahwa, apabila nantinya balai iseminasi buatan tersebut dibentuk maka selanjutnya perlu adanya alat semator. Pasalnya, alat ini merupakan salah satu pendukung dalam proses iseminasi buatan pada hewan ternak.

Berita Terbaru