Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Kalteng Dorong Petani Karet Tingkatkan Mutu dan Kualitas Produksi

  • Oleh Donny Damara
  • 13 Oktober 2021 - 18:35 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota Komisi II DPRD Kalteng, Ina Prayawati mendorong petani karet supaya dapat meningkatkan mutu dan kualitas produksinya.

Hal tersebut perlu dilakukan agar karet yang dihasilkan lebih mudah terserap sesuai kebutuhan pasar. Sehingga, pada akhirnya akan bermuara pada peningkatan kesejahteraan petani karet.

"Karet dari kebun masyarakat di Kalteng ini bukan berarti tidak berkualitas, yang kita lihat sudah cukup baik. Tapi itu perlu lebih lagi ditingkatkan," ucapnya, Rabu, 13 Oktober 2021.

Dia menerangkan, selama ini yang sering terjadi membuat hasil produksi karet masyarakat Kalteng sulit menembus pasaran. Hal itu akibat adanya kecurangan yang dilakukan pihak-pihak tertentu.

Seperti halnya dengan sengaja mencampurkan bahan karet dengan batu kerikil, potongan kayu maupun sendal jepit serta lain sebagainya. Hal itu seharusnya jangan sampai terjadi karena imbasnya hasil karet masyarakat Kalteng sulit bersaing.

Di sisi lain, jika mutu dan kualitas karet itu sudah mampu ditingkatkan dan masih sulit menembus pasaran, maka pemerintah diharapkan dapat berperan serta bersedia menjadi penghubung dengan pihak pasar.

"Ini supaya dengan mutu dan kualitas karet yang dihasilkan bisa dengan mudah dipasarkan. Jadi kerjasama itu penting agar perekonomian petani karet di Kalteng ini dapat meningkat," imbuhnya. (DONNY D/B-11)

Berita Terbaru