Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lamandau Latih Kemampuan Penyelamatan Satwa Liar di Kotim

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 19 November 2021 - 06:45 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Lamandau melakukan studi banding di Kotawaringin Timur. Mereka melakukan latihan bersama dengan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkarmat) Kotawaringin Timur. Salah satu kemampuan yang dilatih adalah penyelamatan satwa liar seperti ular dan biawak.

"Peningkatan kemampuan ini penting karena tugas kami tak hanya memadamkan api tapi juga penyelamatan satwa liar berbahaya bagi manusia. Nyawa taruhannya," ujar Kepala Disdamkarmat Kotim, Hawianan, Kamis, 18 November 2021. 

Dengan dilaksanakan latihan bersama ini diharapkan  dapat meningkatkan kemampuan personel. Sehingga lebih cepat tanggap ketika melakukan aksi di lapangan. 

Ia menjelaskan pelatihan ini penting agar masyarakat merasa aman dan tentram dari gangguan satwa liar. Sehingga masyarakat tak segan meminta bantuan ketika terjadi permasalahan mendesak. 

Latihan dilaksanakan di lingkungan Kantor Disdamkarmat Kotim dengan mendatangkan Hari, seorang ahli ular di Sampit. Selain ahli menangani ular pria yang juga sebagai aktivis pecinta satwa liar ini juga ahli dalam mengamankan satwa liar seperti biawak. 

Hari memberikan materi penangan satwa liar berbahaya seperti ular-ular berbisa. Selain materi Hari juga membawa sejumlah ular agar peserta pelatihan mengetahui jenis ular. Serta mengetahui cara penanganan dan penyelamatan terhadap petugas yang tergigit ular berbisa. 

Sekretaris Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Lamandau, Eriati mengaku dia beserta personelnya sangat bersemangat mengikuti pelatihan. Selain mengetahui jenis satwa berbahaya dan cara menanggulanginya pihaknya juga mempelajari peralatan yang digunakan. Sehingga ketika kembali ke Lamandau mereka dapat melengkapi peralatan yang ada. (USAY NOR RAHMAD/B-5) 

Berita Terbaru