Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perekonomian Kotim Mulai Membaik

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 30 November 2021 - 14:16 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, mengklaim perekonomian di daerah itu kian membaik seiring dengan melandainya kurva kasus Covid-19. Ini juga bisa dilihat dari aktivitas perekonomian disejumlah bidang usaha yang kian ramai. 

"Jika dibandingkan sebelumnya pada saat level 3, perekonomian masyarakat mulai membaik terlebih para pedagang," kata Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kotim, Zulhaidir, Senin 29 November 2021.

Zulhaidir menjelaskan saat ini aktivitas masyarakat berada dalam tren kenaikan, hal itu terlihat dari aktivitas di tempat penjualan ritel menuju level positif, dan penjualan kebutuhan sehari-hari masyarakat semakin meningkat.

"Tapi karena situasi pandemi ini tidak menentu, bagi pelaku usaha diperlukan kemampuan untuk bisa bertahan. Salah satunya dengan pengelolaan keuangan yang baik," ujarnya.

Menurutnya ada beberapa strategi yang bisa digunakan yaitu mengevaluasi anggaran atau dengan kata lain evaluasi terhadap penerimaan dan pengeluaran.

"Pastikan dulu pendapatan yang pasti terealisasi, jangan yang masih jadi target. Evaluasi juga pengeluaran, pastikan yang dikeluarkan merupakan kebutuhan yang tidak bisa ditunda dan difokuskan pada pengeluaran yang menghasilkan pendapatan," tegasnya.

Zulhaidir juga mengingatkan agar bersikap ekonomis atau hemat. Dia menyarankan setiap pengeluaran dipastikan penggunaan anggarannya dan usahakan jangan berutang. Serta, maksimalkan kemampuan yang ada. 

"Upayakan juga ada usaha sampingan sebagai penghasilan tambahan agar bisa menopang kebutuhan dasar kita," tandasnya. (USAY NOR RAHMAD/B-6)

Berita Terbaru