Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislatif Katingan Ini Sebut Banjir Dipengaruhi Jumlah Penduduk

  • Oleh Abdul Gofur
  • 09 Desember 2021 - 11:35 WIB

BORNEONEWS,  Kasongan - Anggota legislatif atau DPRD Kabupaten Katingan,  Rudi Hartono menyebut bahwa bencana banjir yang terjadi beberapa kali di daerahnya pada tahun 2021 ini dipengaruhi oleh jumlah penduduk. 

"Kalau saya menilai bencana banjir ini dipengaruhi jumlah penduduk, sebab semakin meningkat penduduknya, lapangan kerja makin sedikit, terutama yang legal,  sementara kebutuhan meningkat, lalu mereka merambah ke yang ilegal," ujar Rudi Hartono, Kamis, 9 Desember 2021.

Sehingga untuk mengatasi itu,  kata Rudi membatasi jumlah penduduk, atau memperlambat jumlah penduduk.

"Berdasarkan penelitian saya selama ini,  KB itu memang harus dilakukan,  karena kita orang-orang yang banyak anak lebih susah mencari nafkah dibanding yang sedikit anak, artinya cara memenuhi nafkah lebih baik yang sediiit anak dibanding yang banyak," ujarnya. 

Rudi mengatakan cara mengatasi bencana banjir itu tidak cukup hanya membuat parit, dan menggali sungai.

Tidak cukup juga hanya melakukan penanaman kembali, namun harus melakukan secara keseluruhan, karena curah hujan yang terlalu tinggi. 

Sebagaimana diketaui bahwa tipologi banjir dari hulu atau Utara Katingan ke Samba, Kecamatan Katingan Tengah sejauh ini tidak berlangsung lama, namun setelah ke hilir banjir bisa lebih lama sampai lebih sepekan lamanya. 

"Sarannya harus waspada, bagaimana untuk mengatasi banjir itu memang kalau yang fik mengatasinya saya rasa agak sulit, untuk mengurangi bisa saja, perlu juga harus mengusulkan ke pemerintah pusat menangani masalah banjir ini, " imbuh Rudi Hartono. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru