Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BKSDA Kalteng Bersama BOS Nyaru Menteng Lepasliarkan 8 Orangutan

  • Oleh Parlin Tambunan
  • 14 Desember 2021 - 22:21 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Kalteng bersama Borneo Orangutan Survival (BOS) Nyaru Menteng melepasliarkan Delapan individu orangutan di kawasan Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya Resort Tumbang Hiran Kabupaten Katingan, Selasa 14 Desember 2021.

"Pelepasliaran ini terbagi menjadi dua sesi yakni dilaksanakan pada 14 Desember, empat individu orangutan. Dan berikut pada 16 Desember nanti juga 4 individu orangutan. Jadi total ada 8 individu orangutan yakni 4 jantan dan 4 betina," kata Kepala BKSDA Kalteng, Nur Patria Kurniawan.

Dari pusat rehabilitasi BOS Nyaru Menteng 2 Kota Palangka Raya, Orangutan itu dibawa melalui jalur darat hingga ke kawasan Taman Nasional Buki Baka Bukit Raya Kabupaten Katingan.

Program manager BOS Nyaru Menteng, Deni Kurniawan menambahkan, orangutan yang dilepasliarkan ini berasal penyerahan dari masyarakat Palangka Raya, Sampit dan Kapuas.

"Rata-rata masyarakat menyerahkan ke sini berusia 1 tahun. Coba bayangkan, Orangutan ini disini sudah 16 tahun. Jadi proses rehabilitasi itu adalah proses yang sangat panjang," pungkasnya.

Kendati demikian lanjut Deni, tidak semua orangutan yang telah direhabilitasi bisa di Lepasliarkan. Hal itu disebabkan karena mengidap penyakit seperti manusia di antaranya hipatitis, tuborkolosis dan cacat serta telah berumur atau tua.

"Saat ini jumlah total Orangutan yang ada di pusat rehabilitasi Nyaru Menteng tersisa 284 individu," terangnya. (PARLIN TAMBUNAN/B-11)

Berita Terbaru