Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPBD Kobar Pasang Puluhan Baliho Imbauan Waspada Cuaca Ekstrem

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 17 Desember 2021 - 19:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), memasang puluhan spanduk atau baliho imbauan peringatan agar waspada cuaca ekstrem dan dampak hidrometeorologi.

Diketahui bahwa Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan warning atau peringatan akan adanya cuaca ekstrem pada Desember 2021 hingga Februari 2022. 

Kepala Pelaksana BPBD Syahruni mengatakan, sosialisasi peringatan dini cuaca ekstrem dan dampak hidrometeorologi dimaksudkan agar masyarakat bisa waspada, menghadapi kemungkinan-kemungkinan terburuk hal yang bisa membahayakan keselamatan jiwa, dan harta benda akibat bencana.

"Diharapkan dengan adanya sosialisasi dan pemasangan spanduk di daerah-daerah rawan tersebut, apabila terjadi bencana masyarakat bisa menghubungi BPBD Kabupaten Kotawaringin Barat melalui contack person yang tersedia di spanduk tersebut," ujar Syahruni, Jumat, 17 Desember 2021.

Terpisah, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Pahrul Laji mengatakan, pihaknya telah memasang sebanyak 30 baliho atau spanduk imbauan bencana, di sepanjang jalur yang memiliki kerawanan terjadinya bencana cuaca ekstrem.

"Kami melakukan pemasangan imbauan tersebut di sejumlah titik rawan potensi Bencana Cuaca Ekstrim, di beberapa kecamatan, yang ada di Kabupaten Kotawaringin Barat," kata Pahrul Laji.

Lanjutnya, adapun jalur yang memiliki kerawanan terjadinya bencana cuaca ekstrem di Kobar,  yaitu seperti di Kecamatan Kumai, Desa Kubu, Keraya, Teluk Bogam dan sekitarnya.

Pahrul menjelaskan, pihak BPBD melakukan pemasangan papan imbauan tersebut, juga sekaligus untuk sosialisasi kepada masyarakat, supaya berhati-hati dan selalu waspada, mengingat saat ini memasuki Musim Penghujan disertai angin Kencang, guna mencegah adanya korban jiwa, ketika terjadi bencana.

Untuk melaporkan kejadian bencana, masyarakat Kobar dapat segera menghubungi BPBD melalui media sosial seperti twitter, facebook serta instagram BPBDKOBAR atau dapat menghubungi kontak person Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Pahrul Laji (0813 4903 2484) atau Kabid Kedaruratan dan Logistik, Martogi Siallagan (0852 4866 3008). (DANANG/B-7)

Berita Terbaru