Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Karya Warga Binaan Disperindag Gunung Mas Sudah Tembus Go Internasional

  • Oleh Magang 2
  • 14 Januari 2022 - 17:50 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Kepala Seksi Sarana, Prasarana Industri di Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Gunung Mas  (Gumas), Dedie menyebut ada beberapa warga binaan Disperindag yang karyanya sudah berhasil terjual hingga keluar negeri.

"Novri, mandau itu tembus ke luar juga, harganya bersaing, ukirannya juga bagus-bagus. Ada tiga orang, Hardianto, Novri dan Harmuda," jelas Dedie.

Ia menjelaskan, beberapa kerajinan seperti mandau, kecapi hingga kendang karya warga Gunung Mas tersebut sudah terjual ke berbagai negara termasuk Malaysia, Belanda hingga Cina.

"Kalau Novri itu mandau, dohong, tembus ukiran-ukirannya itu. Hardianto juga sama, dohong mandau juga. Kalau Harmuda itu kecapi, kendang ya pokonya alat-alat musik," katanya.

"Itu tembus sampe orang luar (negeri) yang pesan ya. Mungkin banyak koleksi untuk museum-museum internasional ya, termasuk dari Belanda untuk koleksi museum luar negeri," imbuhnya.

Tidak hanya orang asing, katanya, banyak juga warga Indonesia yang sudah memesan karya yang dibuat oleh warga Gunung Mas tersebut. Salah satu karya warga Gunung Mas juga sempat diberikan ke Presiden Joko Widodo.

"Kalo Indonesia sudah orang pesan banyak. Termasuk untuk Pak Jokowi, ukirannya Novri dikasih untuk Pak Jokowi waktu ke Manuhing," tukasnya. (MAGANG 2/B-7)

Berita Terbaru